Ini Dia Langkah Registrasi Kartu SIM Prabayar Terbaru



Mulai hari Selasa kemarin (15/12), Kementrian Komunikasi & Informatika secara resmi telah menetapkan peraturan registrasi untuk para pembeli kartu perdana prabayar. Mekanisme ini memang masih tergolong baru untuk masyarakat Indonesia. Lantas bagaimana cara registrasi kartu SIM baru?
Tidak sama dengan mekanisme yang sudah dilakukan sebelumnya di mana pihak pembeli yang melakukan sendiri proses registrasi nomor kartu prabayar mereka, kali ini pihak penjual kartu prabayar yang melakukan registrasi pada saat melakukan transaksi.
Dengan mekanisme tersebut,data pelanggan tidak akan disimpan oleh pihak penjual kartu prabayar tetapi disimpan oleh pihak operator seluler yang memproduksin SIM card yang dibeli. Berikut ini adalah tata cara untuk melakukan resgitrasi kartu SIM prabayar menurut peraturan baru.

Membawa Identittas Resmi

Pada saat akan membeli kartu SIM perdana, calon pembeli wajib untuk membawa kartu identitas resmi yang berlaku. Identitas tersebut dapat berupa kartu pelajar, SIM, KTP, Paspor, dan lain sebagainya.

Registrasi Dilakukan Penjual

Proses registrasi kartu perdana tidak dilakukan sendiri oleh pembeli melainkan dari penjualkartu SIM baru yang sudah mendapatkan indetitas resmi dari operator seluler sebagai penjual.
Kartu SIM Prabayar

Tanda Pengenal Asli

Pembeli wajib memperlihatkan tanda pengenal yang asli atau bukan fotokopian. Setelah itu penjual selanjutnya akan mendata informasi penting seperti nama lengkap, nomor identitas, alat sesuai identitas, dan tempat tanggal lahir.

Katu SIM Siap Digunakan

Setelah proses registrasi selesai, maka kartu SIM prabayar tersebut akan diaktifkan oleh penjual dan nomor tersebut sudah dapat mulai digunakan.
Sekedar informasi, kewajiban untuk melakukan registrasi kartu perdana tersebut sesuai dengan Permen (Peraturan Menteri) No. 23/Kemenkominfo/10/2005. Adanya proses pendataan yang lebih tertib dan terverifikasi seperti mekanisme di atas menurut Kalamullah Ramli selaku ketua BRTI akan sangat berguna untuk meminimalisir kemungkinan penyalahgunaan nomor prabayar misalnya SMS spam penipuan lewat SMS, dan mencegah tindak pidana.
“Sekarang, identitas penjual dan pembeli harus jelas sehingga dapat kita ketahui hingga ke ujungnya jika terjadi tindak pidana,” tutur Ramfli saat ditemui di kantor Kemenkominfo hari Selasa kemarin (15/12). Adanya pemberlakuan mekanisme seperti ini menurut Ramli akan memberikan keuntungan baik untuk operator seluler maupun pelanggan.
“Ini dilakukan dalam rangka memulihkan ketertiban supaya masyarakat kembali nyaman,” ucap Kalamullah. Dengan pendataan yang terverifikasi, pemilik nomor prabayar diharapkan tidak menyalahgunakan nomor tersebut untuk kepentingan yang negative.
Sekarang ini marak sekali SMS spam atau iklan yang tidak diharapkan beredar seperti penawaran kartu kredit, kredit tanpa agunan, promosi, dan lain sebagainya melalui SMS. Dengan adanya registrasi ini, diharapkan semoga bisa berkurang. Pendataan pengguna kartu SIM prabayar juga diharapkan dapat memudahkan aparat penegak hukum untuk menjalankan tugasnya.
Bila terjadi tindak pidana dengan penggunaan kartu SIM, pelacakan dapat dilakukan hingga ke tingkat pengguna dan penjual, Untuk pihak operator telekomunikasi, mereka dapat mengetahui berapa jumlah pengguna layanannya secara nyata.
Kartu SIM Prabayar

Via:Bedah tekno

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Dia Langkah Registrasi Kartu SIM Prabayar Terbaru"

Post a Comment