OS Android Dari Masa Ke Masa


Pada era teknologi seperti sekarang siapa yang tidak mengenal smartphone. Smartphone kini sudah menjadi bagian dari keseharian banyak masyarakat di dunia. Berbicara smartphone tentu saja maka tidak akan lepas dari yang namanya Operation System. Operation System atau dalam bahasa Indonesianya Sistem Operasi merupakan seperangkat program yang mengelola sumber daya dari perangkat keras komputer atau hardware yang menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak atau software. OS sangatlah penting dalam menjalankan sebuah program pada komputer maupun smartphone, karena jika sebuah komputer atau smartphone tidak memilki OS maka perangkat tersebut tidak dapat menjalankan programnya dan hanya akan berhenti pada program booting saja.
Saat ini saja sudah terdapat banyak macam OS yang tersedia baik untuk komputer maupun smartphone. Untuk smartphone sendiri OS yang paling populer dan banyak di gunakan adalah Sistem Oprasi dari Google yaitu Android. Android merupakan sebuah OS yang diciptakan untuk membantu sistem kerja operasional dari smartphone. Cikal bakal OS Android yang pertama adalah Android Beta yang di ciptakan pada tanggal 5 November 2007 yang lalu. Setelah sukses dengan softwarenya tersebut dan membuat perusahaan Android, Inc ini berhasil di gandeng oleh Google akhirnya dirilislah android ver 1.0 Astro pada tanggal 23 September 2008. Karena mengalami masalah pada hak cipta dan trendmark dari nama “Astro” akhirnya android tipe ini batal untuk di pasarkan.
Kemudian pada tanggal 9 Februari 2009 dibuatlah versi ulangan yang lebih baik dari versi sebelumnya yaitu Android 1.1 Bender. Namun ternyata dalam perjalanannya terjadi lagi masalah hak cipta serta trendmark pada nama versi android ini sehingga membuatnya menjadi kurang populer. Dua bulan kemudian pada tanggal 30 April 2009 dirilislah sistem operasi android 1.5 Cupcake dan sejak saat itulah android selalu menggunakan nama versinya dengan nama-nama desert atau hidangan pencuci mulut. Masih pada tahun yang sama di tanggal 15 September, android meningkatkan kembali daya kerjanya dengan meluncurkan versi terbaru dari android yaitu android 1.6 Donut. Dan masih pada tahun yang sama juga yaitu 2009 tanggal 9 desember, android kembali merilis android 2.0/2,1 Eclair yang menambahkan beberapa kekurangan pada versi sebelumnya.

Setelah berkali-kali sukses dengan OS nya kemudian android secara berurutan mengeluarkan versi andoridnya yaitu android versi 2.2 Froyo, android versi 2.3 Gingerbread, android versi 3.0/3.1 Honeycomb, android versi 4.1 Jelly Bean, kemudian android versi 4.2 Kitkat dan yang terbaru kini android versi 5.0/5.1 Lolipop. Dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh android mungkin saja OS ini akan terus berkembang pesat dan merajai OS smartphone kelas unggulan yang akan menemani segala aktivitas kamu di zaman yang modern ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "OS Android Dari Masa Ke Masa"

Post a Comment