Info!!!Inilah Kelebihan Google Maps Dibandingan Ios Maps


Entah apa alasan Apple memutuskan hubungan dengan Google Maps dan membuat aplikasi sendiri. Tapi ini bukan suatu hal yang baru jika Apple lebih senang memasang software atau hardware hasil pabrikan mereka sendiri ke produk Apple. Bisa dikatakan Apple merupakan perusahaan yang berdiri tunggal walau beberapa komponen produknya berasal dari perusahaan lain.
Hal yang paling logis mengapa Apple memutuskan hubungan dengan Google mungkin karena perang smartphone dan OS-nya. Meskipun demikian, apapun alasan Apple memutuskan hubungan dengan aplikasi peta Google, kita akan membahas kelebihan Google Maps dibandingkan dengan aplikasi Maps hasil ciptaan Apple sendiri (Apple iOS 6 Maps). Karena banyak pengguna iPhone 5 yang mengeluhkan Apple iOS 6 Maps.
  • Peta

Gambar peta pada Apple iOS 6 Maps memang terlihat lebih bagus dibandingkan dengan Maps milik Google. Gambar pada Apple iOS 6 terlihat lebih tajam. Namun, ketika kita memperbesar dan memperkecil peta, Apple iOS Maps tidak bisa menunjukkan tempat-tempat mana yang penting dan mana yang tidak. Sedangkan hal ini sudah berjalan sangat baik di aplikasi peta Google. Bila Anda membuka peta Google, jalan besar, rumah sakit dan bangunan yang terkenal akan tampak pada peta sedangkan bangunan yang tidak begitu penting tidak terlihat kecuali Anda memperbesar petanya itupun tidak semua bangunan yang tampak.

Baca Juga:Inilah 17 Kelebihan Gmail Dibandingkan Yahoo Mail
  • Keakuratan Lokasi

Keakuratan sebuah peta merupakan hal yang wajib dipenuhi karena bila tidak, peta akan membuat kita lebih kesulitan atau malah-malah membuat kita tersesat. Hal ini yang paling banyak dikeluhkan pengguna iPhone 5. Sebagai contoh, Apple iOS 6 Maps memberi lokasi suatu museum di Amerika Serikat tepat di atas sungai (bagaimana bisa museum di bangun di atas sungai). Atau ketika pengguna mencari Mencester United Football Club, Apple iOS 6 Maps malah mengarahkan pengguna ke tempat yang bernama Sale United Football Club. Dan yang lebih parah, salah satu pengguna mengatakan kalau Maps Apple ini salah memberi nama kota Berlin di Jerman.
  • Street View

Fitur yang hanya memperlihatkan jalanan-jalanan dan namanya ini sangat membantu kita dalam mencari suatu lokasi. Apalagi bila koneksi internet Anda kurang bagus, dengan tampilan Street View akan lebih mudah membukanya di aplikasi peta Google. Street View Google dapat di operasikan dengan maksimal dan detail di kota-kota besar atau kota Metropolitan. Walau bisa dioperasikan di kota kecil namun tidak sedetail untuk kota besar. Di Apple iOS Maps, fitur ini hanya bisa di beberapa kota tertentu saja. Kota-kota yang sudah terkenal di dunia seperti London, New York, Washington, dan beberapa kota lainnya.
  • Tidak adanya informasi transportasi umum

Pada Apple iOS 6 kita tidak akan menemukan jalur kereta api, bus way, jalan tol, jalur kapal laut dan pesawat terbang. Sedangkan di Maps milik Google sudah melengkapi informasi transportasi ini lengkap dengan jadwalnya, dan juga tempat transit agar mempermudah kita untuk dapat memutuskan di mana harus turun dari kereta atau turun dari bus way. Walau untuk Indonesia sendiri layanan ini belum begitu maksimal namun di kota besar seperti Newyork, Tokyo dan lainnya fitur ini sudah tersedia. Keunggulan Maps milik Google yang satu ini sulit diimbangi Maps dari Apple. Memang bisa Anda menggunakan browser internet untuk mengkases Maps Google, tapi itu membuat sedikit tidak nyaman apalagi bila Anda memerlukan GPS untuk menunjukkan suatu lokasi.
  • Interface 3D yang buruk

Tampilan 3D sangat membantu kita saat menyetir. Kita akan mengetahui kapan harus berbelok atau masuk jalan layang. Karena jalan raya terutama di kota besar seperti Jakarta sudah bertingkat-tingkat ditambah lagi adanya terowongan maka fitur ini menjadi penting. Bila tidak ditampilkan secara 3D mungkin kita akan salah mengambil jalur atau salah masuk jalan layang. Pada Apple iOS Maps sering terjadi kesalahan jarak Anda ke lokasi tujuan, tulisan tempat yang dituju juga sangat kecil sehingga sulit untuk dibaca. Pada Apple iOS Maps 6 kita juga tidak bisa mengulang perintah suara. Pada aplikasi Maps dari Google, hal ini juga tidak begitu baik namun paling tidak tampilan Maps Google lebih baik dan lebih membantu pengemudi.
  • Informasi lalu-lintas

Bila di Maps dari Google kita menemukan tiga warna (merah, kuning, hijau) sebagai petunjuk kemacetan. Di Apple iOS 6 Maps Anda akan menemukan garis merah putus-putus untuk melambangkan kemacetan. Bagaimana kita tahu atau mendapat gambaran seberapa parah kemacetan yang terjadi bila lambang tersebut hanya berupa garis merah putus-putus. Apalagi untuk Jakarta yang sering sekali macet, kita harus punya gambaran seberapa parah macetnya karena hampir seluruh jalan Jakarta memang macet. Jadi kita bisa memilih jalan yang kemacetannya tidak begitu parah dengan aplikasi peta Google.
Mungkin kekurangan-kekurangan ini akan segera dibenahi Apple karena selama ini Apple memang menggunakan peta Google untuk fitur peta. Ketika Maps Google pertama kali dimunculkan juga memiliki kekurangan-kekurangan tertentu. Hanya saja bila Apple terus memakai Maps sendiri sangat sulit membuat berbeda dengan milik Google karena begitu lengkap dan detail. Pilihan ada dua, kembali menggunakan aplikasi Maps dari Google atau membenahiApple iOS 6 Maps yang mungkin memakan waktu yang lama. Keunggulan Google Maps yang utama adalah karena dia merupakan aplikasi peta online pertama.

Sumber:plimbi.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!!!Inilah Kelebihan Google Maps Dibandingan Ios Maps"

Post a Comment