Ini Baru Yang Saya Tunggu 7 Tren Teknologi yang akan Berkembang Pesat di 2016


Memasuki 2016 teknologi digital berkembang kian pesat, beberapa inovasi teknologi diperkirakan akan dikembangkan lebih masif pada 2016. Dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2016, yang digelar di Las Vegas, Senin (4/1), setidaknya ada tujuh model tren teknologi digital yang diprediksi menjadi inovasi di 2016.



1. Mobil masa depan
Saat ini mobil dengan perangkat teknologi digital dan bertenaga istrik telah berkembang sangat baik. Namun pada 2016 beberapa perusahaan otomotif akan mengembangkan mobil dengan autopilot, tanpa sopir dalam arti mobil mampu menyetir sendiri. 
Pada saat yang sama beberapa produsen mobil mewah ternama seperti Audi, Mercedes, BMW, Ford bahkan VW group telah menyiapkan sistem mobil autopilot ini. Untuk mobil listrik, berbeda pada pameran CES sebelumnya hanya sebatas mobil konsep. 
Kali ini mobil listrik yang dipamerkan akan lebih familiar dan terjangkau bagi masyarakat. Termasuk beberapa produsen dari Cina yang mulai melirik teknologi mobil listrik terjangkau.



2. Teknologi realitas virtual jarak dekat
Realitas virtual akan mendapatkan momentum terobosannya pada 2016 ini. Debut sebelumnya diperlihatkan dengan produk Oculus Rift, piranti ikat kepala yang menampilkan realitas virtual bagi penggunanya. Rencananya versit terbaru Oculus Rift akan hadir di CES dan mulai dipasarkan pada kuartal I 2016.
Perangkat realitas virtual Oculus Rift terbaru ini telah didukung video jarak pandang 360 derajat, dan akan membawa pengguna dalam pengalaman yang lebih dalam dan luar biasa. Beberapa perusahaan elektronik kenamaan seperti Samsung melengkapi dengan perangkat pendukung seperti headset dan aksesoris kontroler menjadi alternatif bagi Oculus Tourh.


3. Kejayaan teknologi Drone
Walaupun pada beberapa tahun mendatang penggunaan drone diwajibkan terdaftar, namun drone akan tetap menjadi minat utama tren teknologi 2016. Akan lebih banyak lagi fitur dan fungsi drone yang akan diterbangkan, seperti kemudahan menerbangkan dengan kamera atau perangkat kendali yang dikombinasikan dengan anggota tubuh. 
Beberapa drone keluaran terbaru nanti bahkan diperkirakan lebih ringan, namun memiliki banyak kecanggihan dan kelebihan fitus, kamera, pelacakan dan teknologi yang lebih stabil.


4. Teknologi streaming akan lebih canggih
Banyak aplikasi video streaming di dunia maya yang kita lihat saat ini seperti Netflik dan YouTube. Namun teknologi streaming akan lebih kompetitif dengan hadirnya Sling TV di AS pada tahun lalu. WalaupunYouTube masih menjadi pemain dominan di teknologi aplikasistreaming.
Semakin banyaknya pilihan perangkat teknologi nirkabel termasuk realitas virtual mampu memberi ruang semakin canggihnya teknologi streaming. Selain itu teknologi streaming tidak bisa dilepaskan dari penggunaan internet tak terbatas. Ketersediaan akses internet secara luas ini pun akan mendukung penggunaan teknologi video streamingjauh lebih besar.


5. Rumah pintar dengan perangkat teknologi canggih akan bermunculan
Tahun lalu pengembangan aplikasi pemasangan teknologi rumah pintar sedikit terhambat. Ini dikarenakan banyak platform yang masih belum bekerja optimal seperti HomeKit dan Google Brillo.
Seharusnya mereka menyatukan semua teknologi tersebut dalam satu sistem yang sederhana, seperti yang saat ini tengah dikembangkan Samsung  Tizen dan WebOS LG. Beberapa kemampuan rumah pintar ini diantaranya mampu mendeteksi dini kebakaran, sensor banjir dan kerusakan lain.


6. Transportasi akan semakin personal
Hoverboard yang merupakan evolusi canggih dari skateboard sebagai transportasi personal yang mumpuni, karena bertenaga listrik. Bahkan ada produsen Hoverboard yang mampu mendisain alat transportasi ini dapat dilipat dengan kemampuan batrai portabel untuk pengisian daya.


7. Internet yang semakin baik untuk kesehatan
Berbeda dengan penggunaan internet bagi perangkat realitas virtual dan rumah pintar, seluruh perangkat aplikasi internet bisa dihubungkan melalui tubuh untuk mengecek kesehatan pengguna internet. Perangkat gadget dengan koneksi internet nanti mampu memantau kadar glukosa darah, rincin pola tidur, bahkan zat kimia berbahaya dalam tubuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Baru Yang Saya Tunggu 7 Tren Teknologi yang akan Berkembang Pesat di 2016"

Post a Comment