Inilah Orang-Orang Hebat Di Balik Kesuksesan GOOGLE


Google adalah salah satu perusahaan kecil yang berhasil menjelma menjadi raksasa teknologi saat ini. Dari perusahaan garasi, kini Google telah menjadi bisnis dengan banyak anak perusahaan yang berhasil menciptakan produk berfaedah bagi hajat hidup orang banyak.

Tentunya untuk mencapai titik ini, banyak orang-orang hebat yang bekerja tanpa lelah demi membuat perusahaan yang kini bermarkas di Mountain View tersebut menjadi raksasa teknologi dunia.

Nah siapa saja orang-orang hebat dibalik kesuksesan GOOGLE kita bahas disini:
1. Larry Page dan Sergey Brin


Bersama dengan Sergey Brin, Larry Page mulai mewujudkan mimpinya membuat perusahaan teknologi yang kelak akan 'menguasai' dunia. Ya, Page dan Brin adalah dua orang yang sangat berpengaruh mewujudkan kesuksesan Google hingga saat ini.

Bahkan, saking berhasrat untuk membuat Google menjadi perusahaan yang lebih besar dan mumpuni, Page dan Brin pun di tahun 2015 lalu memutuskan untuk lepas dari Google untuk seratus persen mengurus Alphabet. Alphabet adalah perusahaan baru yang menjadi induk bagi banyak anak perusahaan Google.

Baca Juga:


2. Sundar Pichai

Pria keturunan India ini dipercaya menjadi CEO Google pasca, Larry Page memutuskan untuk mendirikan perusahaan induk, Alphabet. Di bawah kepemimpinannya, Google berhasil menjadi perusahaan yang produktif.
Terbukti, banyak layanan baru maupun diperbarui muncul saat pria yang mulai bergabung dengan Google di tahun 2004 itu memimpin perusahaan asal Mountain View tersebut.

3. Tony Fadell

Fadell adalah salah satu orang yang berpengaruh terhadap kesuksesan Google hingga saat ini. Di bawah kepemimpinan Fadell, Nest anak perusahaan Google yang bergerak di bidang smart home itu berhasil menciptakan beragam produk seperti smart termostat, detektor asap pintar, dan kamera keamanan rumah pintar.
Sebelum bekerja di Google, Fadell sempat bekerja di Apple selama tujuh tahun. Bahkan selama bekerja di Apple, pria yang kini juga mengawasi proyek Google Glass itu sempat mendapat julukan sebagai 'bapak iPod'.

4. Andy Conrad

Nama Conrad memang tak sepopuler nama orang hebat dibalik kesuksesan Google lainnya. Namun, pria yang sempat mendirikan National Genetics Institute di tahun 1991 itu berhasil menjadi kunci sukses Google di bidang kesehatan dan penelitian.
Ia ditunjuk menjadi kepala ilmuwan di anak perusahaan Google bernama Google Life Sciences. Selama kepemimpinanya, Conrad berhasil mengembangkan cara baru yang lebih aman dan murah untuk mendeteksi penyakit HIV dan virus lainnya.

5. Arthur Levinson
Selain mempunyai Google Life Sciences, perusahaan asal Mountain View ini ternyata juga mempunyai anak perusahaan bernama Calico yang fokus melakukan penelitian untuk melawan penuaan dan memperpanjang hidup manusia. Di bawah kepemimpinannya, Calico berhasil melakukan kemitraan dengan perusahaan penelitian genealogy bernama Ancentry.
Melalui kemitraan ini, Calico dikabarkan akan menyokong Ancentry dengan data DNA miliknya yang nanti akan digunakan untuk mencari ciri-ciri gen yang bisa dipakai untuk obat anti penuaan.
Selain menjadi kepala peneliti di Calico, Levinson juga dikabarkan menjadi ketua dewan pengawas Apple.

6. Dan Doctoroff

Di bawah kepemimpinanya, Sidewalk Labs, anak perusahaan Google yang berfokus pada isu-isu smart city ini berhasil membangun jaringan WiFi super cepat di kota New York. Sebelum menjadi CEO Sidewalk Labs, Doctoroff pernah menjabat sebagai CEO Bloomberg dan juga wakil walikota New York untuk bidang pembangunan ekonomi.

7. Astro Teller
Pria ini adalah orang yang ada dibalik kesuksesan proyek-proyek yang ada di bawah X. X sendiri adalah anak perusahaan Google yang fokus melakukan sejumlah penelitian teknologi masa depan.
Berkat kepiawaiannya menjalankan bisnis, X telah berhasil merilis proyek yang berguna bagi hajat hidup orang banyak seperti Project Loon (proyek balon udara internet) dan Project Wing (proyek drone yang khusus dirancang untuk pengiriman).

8. Bill Maris
Maris adalah orang yang sukses memimpin salah satu anak perusahaan Google, Google Ventures (GV). GV sendiri merupakan perusahaan yang kerap memberikan bantuan modal kepada perusahaan rintisan seperti Uber, Jet, dan Imposibble Food.
Maris mengaku sudah ada 29 perusahaan rintisan yang didanai oleh GV dan berhasil survive hingga sekarang. Maris dalam sebuah kesempatan mengungkap harapannya untuk menambah jumlah perusahaan rintisan yang didanai pada tahun 2016 ini.

9. David Lawee

Lawee merupakan CEO untuk anak perusahaan Google Capital (GP). Berbeda dengan Google Ventures, GP merupakan perusahaan yang tak semata-mata memberikan bantuan modal tapi juga nasihat dan link yang dapat membangun iklim bisnis sebuah perusahaan rintisan.
Sebelum dipercaya memimpin GP, Lawee sempat menjadi pemimpin untuk tim merger dan akuisisi Google selama lima tahun dan VP bidang pemasaran selama lima tahun juga.

10. Craig Barratt
Barrat merupakan pemimpin untuk kelompok Access and Energy, sebuah kelompok perusahaan yang didirikan Google untuk menangani proyek internet cepat di seluruh dunia. Di bawah kepemimpinannya, Access and Energy berhasil membangun serat optik internasional Link dan Project Sunroof, sebuah proyek yang mendorong rumah tangga untuk melengkapi rumahnya dengan panel surya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Orang-Orang Hebat Di Balik Kesuksesan GOOGLE"

Post a Comment