Catatan Ramadhan 2016(1437 H) Hari Ke 1

Hallo sobat dengan menyebut kalimat 
Saya akan menulis kisah perjalan saya dalam megarungi bulan ramadhan di tahun 2016 atau tahun 1437 H. Oke kisahku di mulai dari hari ini tanggal 5 juni 2016. Setelah pemerintah menggelar sidang isbat dan menetapkan 1 ramadhan jatuh di hari minggu maka umat islam di seluruh indonesia melaksanakan shalat tarawih di lanjutkan dengan shalat witir.

Saya pun tak mau ketinggalan dalam beribadah karena ibadah shalat tarawih hanya bisa di temui 1 tahun sekali yaitu di bulan ramadhan. Saya berangkat dari rumah pukul 19.20 sampai dimushola menunggu beberapa saat ya sekitar 5 menit lalu iqomat tanda bahwa saatnya menjalankan ibadah shalat isyak.

Selesai shalat isyak lanjut lah shalat tarawih kalau di katakan berat ya berat kalau di katakan enggak kok ya berat he he he tapi ya semua itu tergantung niat kita lah kalau memang ibadah karena allah ya mungkin 23 rakaat itu gak berat. Kok 23 rakaat apa gak 11 min??? Nah itu kebelulan di tempat saya memakai yang 23 rakaat.

Gak sampai di situ aja saya kebelulan dari tahun-ketahun jadi bilan waktu shalat tarawih tau kan bilal yang ngomando orang-orang untuk siap melaksanakan shalat. Kadang saya kurang kusuk juga shalat ya gitu deh  sebagai bilal kan harus mengiat-ingat rakaat sudah berapa dan sampai mana tapi karena sudah saya lakukan bertahun-tahun ya gak berat lah sebagai seorang bilal.

Nah sekarang saya cerita nih siapa saja anggota keluarga saya yang ikut tarawih pada malam pertama yaitu:
  • Saya sendiri(edi setiawan)
  • Istri saya
  • Anak pertama saya
  • Anak kedua saya
  • Dan adik saya
  • Ibu saya gak ikut tarawih karena jaga rumah takut di satroni maling kayak kejadian tahun kemarin waktu lebaran
  • Bapak saya gak ikut tarawih karena meriang badannya panah menggigil sepertinya demam
  • Kalau ari kusnanto siapa itu ari kusnanto dia itu suami dari adik perempuan saya kalau mau kenalan ini facebooknya klik sini pasti nongol arinya dia itu pandai dalam ilmu agama dia katanya dapat tugas di pabrik dimana dia kerja untuk jadi imam wah kalau sudah jadi imam tau sendiri ilmu agamanya gimana he he he he lanjut lah
Tau sendiri kan adat orang indonesia wabil kusus di desaku ibaratnya shalat tarawih itu 'anget-anget tai ayam" di hari pertama tadi saya hitung orang  laki-laki yang ikut tarawih ada 4 baris(sop) satu baris sekitar ada 20 orang berarti estimasinya ada 80 orang laki-laki di hari pertama shalat tarawih.

Kalau untuk perempuan kurang paham soalnya kehalang tembok mau hitung tapi perkiraan saya adalah kalau 25-30 orang. Nah untuk imam pertama kali tadi itu di imam mi oleh:
  • Bapak "Mat Mahali'
Dia itu termasuk tokoh agama di tempat kami penerusnya pak samsudin yang sekarang sudah sangat menua sekali saya pak samsudin dan pak mat mahali gak punya facebook jadi kalian gak bisa kenalan deh sama mereka berdua tapi jangan kuatir kapan kapan akan saya foto deh biar kalian bisa kenalan dengan tokoh-tokoh agama di desa saya.

Dihari pertama tarawih bapak mat mahali sempak melakukan kultu apa itu kultum kepanjangan dari (kuliah tuju menit) tapi pada kenyataannya gak 7 menit bisa 30 menit he he he molorrrrrrrrrrr.
Bapak mat mahali mengambil tema "TAQWA" walah isi kultum pak mat gak usah saya tulis lah tau lah sobat kalau masalah taqwa yang di bicarakan ya seputar itu-tu saja lah,

Oke sampai berjumpa di hari kedua nanti bye bye bye

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Catatan Ramadhan 2016(1437 H) Hari Ke 1"

Post a Comment