Beginilah Seharusnya Sifat Seorang Ibu

Dalam kehidupan rumah tangga peran seorang ibu sangatlah vital dalam mendidik anak. Ibu yang baik akan selalu bersifat sabar,penyayang dan bijaksana. Menjadi seorang ibu tidaklah bangun pagi membersihkan rumah,memasak,menyiapkan bekal anak kesekolah dan masih banyak yang lainnya. 

Ada sebuah cerita di negeri arab tentang seorang ibu dan anaknya begini kisahnya:
"Syeikh Abdurrahman As Sudais Saat beliau masih kecil sang ayah akan kedatangan tamu besar dirumahnya sehingga ibunya menyajikan masakan untuk tamu ayahnya tersebut. Hidangan siap disajikan oleh ibunya tapi apa yang dilakukan oleh Sudais? Sudais yang tengah asyik bermain tanah masuk kedalam rumah kemudian Sudais kecil menaburkan pasir diatas hidangan yang siap disajikan oleh ibunya. Ibu Sudais yang memergoki anaknya tersebut kaget bercampur jengkel, ibu Sudais marah dan berkata pada Sudais, “Pergi kamu! Biar kamu jadi imam diharamain." 

Dan akhirnya beliau saat ini menjadi imam besar di masjidilharam. Dan berikut ini sifat-sifat yang harus di miliki oleh seorang ibu mulai dari:

  • Sabar
Seorang ibu harus menjadi orang yang sabar menghadapi anak terutama anaknya yang nakal. Ibu yang sabar secara tidak langsung mengajarkan anaknya untuk bersabar dalam menghadapi tantangan hidup. Namun jika ibu marah dalam mengahadapi anaknya maka suatu hari anak akan meniru sikap ibunya sebab menurut pendidikan yang dialami anak secara tidak langsung mengajarkannya jika menghadapi masalah dapat terselesaikan dengan marah.
  • Penengah
Ibu mempunyai tugas sebagai penengah dalam keluarga, jangan sampai seorang ibu melimpahkan kasih sayangnya hanya pada satu orang anak saja jika ibu memiliki lebih dari satu orang anak. Jadilah seorang ibu yang bisa menyatukan keluarga sehingga suasana kekeluargaan terlahir ditengah keluarga.
  • Penasihat
Ibu merupakan penasihat yang sempurna untuk anaknya, ketika anaknya mengalami kebimbangan maka peran ibulah yang dibutuhkan oleh anak. Rasa percaya diri anak akan terbangun jika ibu dapat memberi nasihat yang baik untuk anaknya, tak hanya rasa percaya diri nasihat ibu juga dapat menjadi obat penenang untuk anak saat dia dihinggapi ketakutan akan sesuatu.
  • Pendidik
Pendidikan pertama anak ada pada seorang ibu, bahkan pendidikan anak dimulai sejak dalam kandungan. Oleh karena itu jadilah ibu yang pintar, tidak hanya pintar dalam memasak maupun mengurus anak dan suami tapi jadilah ibu yang pintar pada pengatahuan umum agar ibu bisa memberi wawasan dunia maupun akhirat untuk pertama kali pada anak.

Bagaimana sobat perempuan apakah anda sudah siap menjadi seorang ibu???

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beginilah Seharusnya Sifat Seorang Ibu"

Post a Comment