Inilah Alasan Kenapa Harga Singkong Di Lampung Mengalami Penurunan Harga

Harga singkong di lampung tengah mengalami penurunan harga yang sangat drastis yaitu di kisaran harga Rp.770/Kg dengan potongan di pabrik kisaran 18%. Dengan harga segitu petani kemungkin menerima harga bersih kisaran Rp.450/kg itu sudah di potong ongkos mobil dan kuli bongkar.

Nah dari itu coba admin bertanya kepada para supir dan berbagai sumber tentang sebab kenapa sih terjadi penurunan harga di sektor singkong mulai dari:

  • Adanya Kemarau Basah Di Tahun 2016

Fenomena la nina yang menyebabkan kemarau basah di lampung pada tahun 2016. Dibulan agustus harusnya sudah terjadi kemarau tapi ternyata hujan masih turun seperti di saat musim penghujan. Hal ini kemungkinan sebagai ganti musim kemarau yang berkepanjangan di tahun lalu. Nah fenomena kamau basah inilah yang menyebabkan stok singkong berlimpah sehingga menyebabkan harga singkong yang semakin turun.
  • Ada kemungkinan Panen Yang Serentak Di Lampung Dan Jawa

Saya berbincang-bincang dengan salah satu sopir dan sekaligus pemborong singkong tentang fenomena penurunan harga singkong yang drastis dari keterangan sumber yang saya impun katanya lagi ada penen raya singkon di pulau jawa tapi daerah mana di pulau jawa dia tidak menerangkan lebih rinci.
  • Masih Banyaknya Stok Sagu Import Dari Luar Negeri

Nah kemungkinan stok sagu import dari luar negeri masih menumpuk dan permintaan pasar yang sepi memicu penurunan harga singkon. indonesia biasanya di banjiri sagu murah dari Thailand.
  • Memang Sengaja Di Turunkan
Karena di indonesia hasil pertania itu tidak di tampung pemerintah tetapi di serahkan ke pangsa pasar swasta jadi akan sangat rentan terjadi fluktuasi harga. Jadi harga jual singkong akan di serahkan di sektor pangsa pasar tentu saja pihak swasta.

Artikel yang admin buat diatas hanya berdasarkan analisa dan dari beberapa sumber dan mungkin bisa salah dan mungkin juga bisa benar jika teman-teman ada yang menembahkan silakan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Alasan Kenapa Harga Singkong Di Lampung Mengalami Penurunan Harga"

Post a Comment