Trasit Elevated Bus Solusi Kemacetan Baru Di China

Pemerintah China tampaknya menggunakan strategi jitu untuk mengurai kemacetan lalu lintas di kota-kota besar di Negeri Tirai Bambu tersebut. Salah satu strategi tersebut adalah dengan meluncurkan bus super canggih dan antimacet.
Bus, yang dianggap sebagai mode transportasi masa depan itu, dapat membawa lebih dari 1.200 penumpang. Kendaraan supercanggih itu disebut dengan nama Trasit Elevated Bus (TEB).
Mode transportasi seperti ini terbilang unik karena dapat menghindari kemacetan lalu lintas. Pasalnya, TEB adalah sebuah sistem transportasi yang berjalan melayang di atas kendaraan lainnya dan dirancang untuk memaksimalkan penggunaan ruang jalan.
Ide revolusioner tersebut diungkap ke publik dalam sebuah acara Expo Teknologi Cina Beijing International Expo High-Tech yang diadakan selama akhir pekan.
Bus tersebut juga dirancang memiliki kecepatan tinggi dan didukung oleh kekuatan listrik serta dilengkapi dengan energi matahari yang dihasilkan dari panel atap.
"Dengan kapasitas penumpang sebanyak 1.200 orang, maka TEB memiliki fungsi yang sama seperti kereta bawah tanah. Sementara itu, biaya pembuatan TEB kurang dari seperlima dari kereta bawah tanah," ujar insinyur proyek senior, Bai Zhiming, sebagaimana dilansir Russia Today, Rabu (25/5/2016).

Menurut pihak perusahaan pembuat TEB, Shenzhen Huashi Future Parking Equipment, proses pembuatan mode transportasi tersebut dapat diselesaikan dalam satu tahun. Operasi percobaan teknologi ini akan dimulai di Kota Qinhuangdao, Provinsi Hebei, China Utara, pada 2016. 


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Trasit Elevated Bus Solusi Kemacetan Baru Di China"