Ternyata Mencuri Aliran Listrik Itu Haram Hukumnya

Menjaga keandalan pasokan listrik tidak cukup hanya dilakukan dengan menaikkan produksi listrik semata. Upaya lain yang harus dilakukan adalah, memastikan aliran listrik pada sambungan-sambungan yang sudah ada tidak bocor.

PLN Distribusi Lampung, didukung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lampung pun berupaya menekan kebocoran yang ada, dengan mencegah pencurian listrik. Dalam hal ini, MUI Lampung menerbitkan fatwa 'mencuri listrik itu haram'.

"MUI Provinsi Lampung turut membantu PLN untuk mensosialisasikan Fatwa MUI No. 17 Tahun 2016 perihal 'Mencuri Listrik Itu Haram' di tingkat kabupaten dan kecamatan seluruh Lampung," ucap Ketua MUI Provinsi Lampung, Khairuddin Tahmid, dalam keterangan yang diterima, Jumat (28/2016).

Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Distribusi Lampung, I Ketut Darpa mengatakan, sosialisasi fatwa MUI ini telah dilakukannya sejak 23 Oktober 2016 lalu. Dengan ini, diharapkan pencurian listrik bisa dihilangkan.

"Karena ini selain merugikan PLN, juga merugikan pelanggan resmi karena dayanya bisa turun. Kemudian, bagi pelaku pencurian ada risiko tersetrum. Belum lagi ada potensi kebakaran juga.


Dalam sosialisasi fatwa MUI ini, seluruh unit PLN Regional Lampung turut berperan serta terdiri dari unit bisnis hulu hingga ke hilir, seperti PLN Sektor Pembangkitan Sebalang, PLN Sektor Pembangkitan Tarahan, PLN Sektor Pembangkitan Bandar Lampung, PLN UPT Tanjung Karang, PLN UPK Jaringan Interkoneksi Sumatera Jawa, PLN Distribusi Lampung, dan PLN UPPJ Lampung dan Bengkulu dengan total pegawai sebanyak 1.250 orang.

Aksi nyata sosialisasi ini diimplementasikan melalui pemasangan stiker di Angkutan Kota yang tersebar di seluruh wilayah Lampung.

"Pemasangan stiker tersebut dilakukan oleh Jajaran Manajemen PLN Distribusi Lampung dan Ketua MUI Lampung. Diharapkan,sosialisasi yang disertai dengan Launching Fatwa MUI dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat Lampung bahwa mencuri listrik itu haram serta menciptakan kesadaran untuk lebih tertib dalam penggunaan listrik," pungkas dia. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata Mencuri Aliran Listrik Itu Haram Hukumnya"

Post a Comment