Jelang Piala AFF 2016

AFF Suzuki Cup bakalan digelar lagi akhir bulan November nih Gan! Ane sungguh exited sama piala AFF 2016 karena turnamen sepakbola paling akbar se Asia Tenggara ini bakalan jadi comeback penampilan tim nasional Indonesia di ajang internasional setelah kisruh PSSI yang membuat kita di kenai sanksi oleh FIFA.. 

Meski belum pernah sekalipun menyabet gelar juara, tapi negara kita punya sejarah panjang dengan turnamen yang digelar setiap dua tahun sekali ini lho Gan. Apalagi yang paling membekas dihati Ane adalah piala AFF 2010, dimana banyak fenomena yang muncul karenanya.  

FYI.. Pada piala AFF yang ke 10 ini menunjuk Myanmar dan Filipina yang akan diduetkan menjadi tuan rumah bersama dan Indonesia berada di Group A, nah ini jadwal pertandingan AFF 2016 di Manila:
19 November 

Thailand vs Indonesia (Philippine Sports Stadium, Bocaue)
Filipina vs Singapura (Philippine Sports Stadium, Bocaue)

22 November

Thailand vs Singapura (Philippine Sports Stadium, Bocaue)
Indonesia vs Filipina (Philippine Sports Stadium, Bocaue)

25 November

Singapura vs Indonesia (Rizal Memorial Stadium, Manila)
Filipina vs Thailand (Philippine Sports Stadium, Bocaue)

Demi menyambut piala AFF yang akan berlangsung bulan November ini, setidaknya Ane mencatat beberapa hal menarik yang ada pada tim nasional Indonesia saat ini. Berikut Ane kemukakan hal-hal yang menarik dari tim nasional sepakbola kita jelang hadapi pertarungan di piala AFF 2016, seperti apa?
  • Piala AFF Ketiga untuk Alfred Riedl
Dingin, galak dan tanpa ekspresi. Itulah yang ada dikepala ane kalau ngeliat pelatih asal Austria ini. Bagaimana enggak? Mau menang atau kalah, ya ekspresinya gitu-gitu aja 
Namanya melejit kala berhasil membuat permainan timnas Indonesia cepat khas Liga Inggris saat berlaga di piala AFF 2010 yang kebetulan negara kita yang jadi tuan rumahnya, meskipun pada di final piala AFF 2010 hasilnya... Ah suudahlah.. Pelatih yang lahir 2 November 1949 ini dinilai berhasil dan mampu membuat kagum masyarakat Indonesia.

Empat tahun berselang, PSSI kembali menunjuk Alfred Riedl untuk menukangi tim nasional Indonesia untuk berlaga di pada piala AFF 2014, namun sayang seribu sayang Gan, tangan dingin pelatih yang sangat menyukai pola 4-4-2 ini tidak mampu mengulangi pencapaian saat piala AFF 2010, timnas kita tersingkir di fase grup yang mana salah satu pertandingannya kita dibantai Filipina 4-0.

Nah, pada AFF 2016 menjadi kesempatan ketiga bagi Alfred Riedl membawa impian rakyat Indonesia yang ingin melihat timnas kebanggaannya jadi juara piala AFF untuk pertama kalinya menjadi nyata. Apakah berhasil? Untuk kali ini ane optimis karena melihat komposisi pemain serta dua uji coba terakhir timnas kita yang sangat memuaskan ditengah persiapan yang minim.
  • Empat Pemain yang Potensial Bersinar di Piala AFF 2016

Selain pelatihnya, tentu salah satu bagian penting dari suksesnya sebuah tim adalah para pemain itu sendiri. Ane ngeliat ada empat pemain timnas Indonesia potensial yang bakalan bersinar di piala AFF 2016 jika berkaca pada hasil ujicoba yang udah dilalui. 
  • Boaz Salossa
Yap, dialah sang kapten timnas kita saat ini, Boaz Salossa! Ane berani berucap doi adalah salah satu talenta hebat sepakbola yang pernah dimilik Indonesia. Naluri mencetak gol yang tinggi, akurasi umpan yang baik, kaki kiri kuat, serta teknik dribbling di atas rata-rata membuat negara kita beruntung memiliki pesepakbola seperti Boaz. 

Masih ingat dengan penampilannya di piala AFF 2004? Penampilannya di piala AFF 2004 (Namanya masih Piala Tiger) membuat lawan-lawan timnas kita saat itu dipermalukan lewat gocekan-gocekan serta gol-golnya yang ciamik, sampai-sampai Singapura harus bermain kasar yang akhirnya membuat Boaz cidera.. Hikss
Kini Boaz kembali, doi tengah disiapin coach Alfred riedl untuk berlaga di piala AFF 2016. Kepercayaan sang pelatih dibayar tuntas sama Boaz setelah bermain bagus dalam uji coba saat menang sama Malaysia dengan mencetak satu gol adan satu assist, hal inilah yang membuat doi berpotensial bersinar di piala AFF 2016.
  • Irfan Bachdim
Ini adalah favoritnya para Sista, setuju?  Irfan Bachdim akhirnya kembali memakai seragam tim nasional Indonesia sejak piala AFF tahun 2010. Nama Irfan Bachdim mencuat dan langsung menjadi artis mendadak berkat permainan apiknya saat piala AFF 2010 ditambah wajah blasterannya yang tampan. Pemain berdarah campuran Indo-Belanda ini kembali dipercaya Alfred Riedl untuk memakai seragam timnas Indonesia dalam persiapannya untuk pertandingan piala AFF 2016, dan kepercayaan tersebut dibayar lunas oleh Irfan, dalam dua ujicoba timnas terakhir, pemain yang merantau ke negeri sakura Jepang ini enggak pernah absen mencetak gol.
  • Andik Vermansyah
Kecil-kecil cabe rawit, hal tersebut pantas disematkan kepada winger kebanggaan Indonesia yaitu Andik Vermansyah. Bagaimana tidak? Dengan tubuh mungilnya, Andik memiliki skill dan kecepatan yang diatas rata-rata, bahkan ia dijuluki Lionel Messinya Indonesia. Dan untuk piala AFF kali ini, pelatih Alfred Riedl kepincut sama Andik karena ngeliat performanya yang meningkat tajam saat berseragam Selangor FC, klub yang dibela Andik saat ini.
  • Evan Dimas
Dialah pemain masa depan Indonesia Gan, yap, kita udah sama-sama tau kalau udah gak diragukan lagi skillnya. Ini penampilan ke-2 Evan Dimas di piala AFF setelah 2014 yang lalu, yang mana saat itu banyak yang menyayangkan sedikitnya kesempatan yang diberikan Alfred Riedl kepada Evan Dimas karena dipertandingan terakhir Evan Dimas berhasil menampilkan permainan yang baik dan mencetak satu gol saat indonesia menghajar Laos 5-1. 

Hal tersebut tampaknya membuat Alfred Riedl tersadar dan terbukti memberikan kesempatan yang lebih besar dalam persiapan timnas Indonesia menuju piala AFF 2016.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jelang Piala AFF 2016"

Post a Comment