Mungkin Banyak Yang Belum Tau Kehebatan Presiden Suekarno Di Mata Dunia

Soekarno adalah Presiden Republik Indonesia pertama. Beliau adalah orang yang tegas dan berkarisma dalam memimpin. Ketegasannya membuat beberapa pemimpin dunia segan sama beliau. Jika kamu ingin melihat cerita hidup atau biografi soekarno kamu dapat membacanya di buku sejarah. Karena semua tertulis disana.
Beliau berasal dari Blitar dan merupakan seorang pahlawan Proklamasi bersama dengan Mohammad Hatta. Dalam biografi soekarno beliau dilahirkan di Surabaya tepatnya pada tanggal 6 Juni 1901 dengan nama aslinya Koesno Sosrodihardjo. Oh iya, karena beliau sering sakit yang dikarenaka namanya tidak sesuai maka beliau kemudian mengganti namanya menjadi Soekarno.
Nah, di bawah ini beberapa ketegasan Bung Karno di Mata Dunia yang acapkali membuat dunia takjub dengan ketegasannya.

1.Go to Hell with Your Aid

Berbeda dengan pemimpin negara lainnya, Seokarna pernah menolak mentah-mentah bantuan dari Amerka Serikat. Pada saat itu, presiden soekarna melihat adanya niat yang tersembunyai dari Amerika yang menginginkan diberangusnya paham komunis di Asia.
Seokarno pun berjanji tidak akan mau meminta-minta bahkan menilai Amerika “riya” jika memberi bantuan. Sehingga menyebabkan negara yang menerima bantuan kehilangan muka. Dalam hal ini Soekarna menyikapi secara langsung dan tegas mengatakan, “Persetan dengan bantuanmu!, lautan dollar tidak akan dapat merebut hati kami”. Teriak Soekarno dalam buku Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat yang ditulis oleh Cindy Adams.

2. Pidato Anti Imperialisme

Pernah suatu ketika Soekarno menujukkan dukungannya terhadap palestina lewat pidato kenegaraammua. Pada saat itu Soekarno yang keluar dari PBB juga sangat marah terhadap Israel dan beberapa negara lain yang dianggap telah merampas kemerdekaan negara lainnya, “Bagi kita Israel, Yaman Selatan dan Malaysia secara legal tidak ada! Mereka itu secara legal memang tidak ada,” tegas Soekarno dalam pidato peringatan 10 tahun Konferensi Asia Afrika di Jakarta, 18 April 1965.
Soekarno pun penuh semangat dan bertekad untuk membantu baik itu tenaga dan persenjataan untuk membebaskan negara-negara tersebut.

3.Menolak Israel dii Asian Games 1962

Pada Asian Games tahun 1962 Soekarno mengusir Israel dan Taiwan yang berlangsung di Jakarta. Hal ini adalah bentuk dari wujud dukungan terhadap Palestina yang ditujukan pada Israel. Alhasil, atas keberanian Soekarno, Komite Olimpiade Internasional mengeluarkan Indonesia dari peserta di Olimpiade Tokyo.
Soekarno pun menjadi penganggas dibentuknya GANEFO (Games of the New Emerging Forces). Sebuah pesata perhelatan olahraga bersama negara-negara kiri lainya. Namun, sayang pesta olahraga ini hanya berlangsung hanya satu kalai dikarenakan persolan politik yang mengelilinginya.

4.Memaksa Eisenhower

Pernah suatu kali Presiden Soekarno berkunjung ke Amerika pada tahun 1960. Pada saat itu, soekarno merasa tersinggung, dikarenakan seperti tidak layaknya pemimpin negara lain, kedatangan Soekarno tidak dijemput dan disambut oleh Presiden Eisenhower. Kemaran Soekarno pun kembali memuncak pada saat dia merasa dibiarkan menunggu berjam-jam oleh Eisenhower di Gedung Putih.
“Aku bicara para protokol apakah aku harus menunggu lebih lama lagi?, jika begitu aku akan pergi sekarang juga. Lalu orang itu pun pucat dan memohon untuk mununggu sebentar. Dia pun lari ke dalam, dan keluarlah Eisenhower.” jelas sekali yang terpapar dalam buku Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat yang ditulis oleh Cindy Adams.
Para pejabat AS pada saat itupun kebingungan. Mereka sibuk meminta maaf dan meminta Soekarno tinggal. Eisenhower pun segera keluar dan menemui Soekarno. Pada saat pertemuan berikutnya, Eisenhower pun menjadi lebih ramah dan menerima Soekarno dengan segan.

Kehebatan Bung Karno di Mata Dunia

1.Go Internasional
Sebagai presiden Indonesia, Bung Karno sering melakukan perjalanan dinas ke keluar negeri untuk menjalin hubungan diplomatic. Di tahun 1960 Bung Karno sempat berdiri bersama 4 pemimpin negara Non Blok setelah mengadakan pertemuan. Di dalam pertemuan itu menghasilkan sebuah seruan kepada Presiden Amerika Serikat dan perdana menteri Rusiar agar melakukan diplomasi secara politik.
Pada era Soekarno, Indonesia adalah negara yang disegani oleh beberapa negara. Contoh nya di Pakistan. Pada tahung 1958 Bung karno melakukan kunjungan ke Pakistan dan setibanya di bandara Pakistan Bung Karno saling memberi hormat dengan presiden Pakistan. Setelah itu, mereka berdua berjalan secara berdampingan menuju kediaman presiden Pakistan tersebut.
2. Memiliki Hubungan Baik dengan Mantan Negara Penjajah
Pada tahun 1958, Bung Karno di undang sebagai tamu kehormatan oleh kaisar Jepang, yaitu Hirohito. Disana Bung Karno diperlakukan bak seorang raja dan mendapatkan jamuan makan siang di Istana Jepang. Inilah salah satu bukti keistimewaan Bung Karno di mata dunia dan kepemimpinannya yang begitu berkhasrisma.
3. Nama Bung Karno di Abadikan di Berbagai Negara
Ternyata banyak yang tidak tahu bahwa nama presiden pertama RI ini telah banyak diabadikan dalam beberapa negara. Mungkin dikarenakan kharisma kepemimpinannya yang begitu tegas dan diplomatik. Sehingga mewabah ke negara-negara tetangga. Berikut ini beberapa tempat yang dinamakan menggunakan nama Soekarno:
Di Mesir kamu dapat menemukan sebuah jalan yang bernama Ahmed Soekarno
Di Pakistan kamu dapat menjumpai nama Soekarno di dalam beberapa tempat, yaitu jalan yang bernama Soekarno, di Peshawar ada sebuah tempat bernama Soekarno Square dan di Lahore juga daa sebuah tempat yang bernama Soekarno Bazar.
Di Rusia tepatnya di St. Petersburg kamu dapat menemukan masjib biru yang bernama Soekarno.
Di Kuba kamu juga bisa menemukan perangko yang bergambar presiden Soekarno, lagi duduk bersama presiden Kuba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mungkin Banyak Yang Belum Tau Kehebatan Presiden Suekarno Di Mata Dunia"

Post a Comment