Om Telolet Om Itu Ternyata Bunyi Klakson Dari Sebuah Bus

Akhir-akhir ini saya sering sekali denger istilah “Om Telolet Om” Nah itu kata Om Telolet Om sering muncul di Beranda Facebook sama Instagram. Kok sepertinya istilah om telolet om ini bikin happening atau ngetrend banget saat ini.


Jadi apa itu “Om Telolet Om?” apa artinya? (kok saya kalo denger sereing terpleset jadi toletot, telolet, atau tololet ya ). Jadi seperti ini, fenoma om telolet om ini jadi populer setelah ada seseorang yang telah mengupload video yang diambil di daerah Jepara.
Nah, disana saat siang atau pun sore hari anak-anak kecil sepulang sekolah sering berdiri di pinggir jalan sambil berteriak “Om Telolet Om” (Kadang sambil pegang kertas yang bertuliskan “Om! Telolet”).

Fenomena Klakson Telolet

Teriakan itu tadi ditujukan kepada pengemudi bus yang sedang melintas di jalan raya agar si supir bus itu mau membunyikan klakson busnya yang berbunyi Telolet.
jadi “Om” itu artinyaadalah si om supir bus tadi. Sedangkan “Telolet” nya itu suara klakson yang bunyinya tolelot telolet telotet telolet (seperti itulah). Jadi singkatnya, “Om telolet om” itu adalah perkataan atau seruan yang diucapkan oleh anak-anak yang ditujukan untuk pengemudi bis agar sipengemudi mau membunyikan bel / klakson yang bunyinya telolet.
Tujuannya apa? saya juga kurang tahu, tapi mungkin cuma untuk have fun aja, ya untuk bersenang-senang. Mungkin anak-anak itu tadi senang dengan suara klakson bus yang memang bunyinya unik nan asyik. Ada juga anak yang merekam suara klaksonnya, setelah direkam kemudian di upload ke media sosial, dan sebagainya.
Mungkin bagi bismania atau penggemar bis / hal ini bukanlah hal yang baru dikarenakan segala sesuatu yang berhubungan dengan bus adalah keren, termasuk keunikan dari klaksonnya.
Tetapi bagi orang umum ini merupakan trend setelah kita melihat keceriaan anak-anak yang dengan setia untuk menunggu bis antar kota yang melintas lalu berharap untuk membunyikan bel-nya. Hal inilah yang membuat orang menyadari jika “bahagia itu sederhana“.
Dan lihat Videonya Disini:

Fenomena om telolet ini mulai berkembang di beberapa wilayah di Indonesia, bukan hanya di daerah Jepara saja. Dan penggemarnya oun bukan hanya anak-anak, melainkan juga para remaja dan dewasa yang tergila-gila dengan om telolet om.
Yah lumayan lah ini bagi yang punya bisnis jualan klakson telolet jadi semakin lancar rejekinya dan bagi para supir bus sendiri akan mempunyai kesenangan tersendiri saat melihat anak-anak yang setia menanti dengan senyuman.
Sebagai catatan lagi, harga klakson om telolet ini lumayan mahal juga lho, harga di bandrol mulai dari 500 ribuan hingga jutaan rupiah. Tergantung dari tingkat kekerasan suara dan kombinasi suara yang dihasilkan. Lumayan juga ya kalo jualan klakson om telolet om ini.
Mungkin sebagian dari kita ada yang mengatakan jika hal seperti ini adalah norak dan juga kampungan, tetapi kalau itu bisa membuat anak-anak atau pun orang bahagia, apa yang salah dengan hal tersebut? (selama tidak merugikan orang lain).
Mungkin mereka yang bilang seperti itu harus mencobanya terlebih dulu, berdiri di pinggir jalan, menunggu bis melinatas lalu teriak “Oooommm… Telolet ooommm….” baru bisa mengerti deh kalau bahagia itu sederhana.
Ya seperti itulah pemahasan megengai Om telolet om, ternyata artinaya cukup mudah di mengenti. Jika kamu ingin melihat pelaku om telolet om silahkan melintasi daerah di jawa timur menggunakan bis. karena disini banyak sekali penggemar atau penggila bismania.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Om Telolet Om Itu Ternyata Bunyi Klakson Dari Sebuah Bus"

Post a Comment