Menyambut Tahun Baru Cina 2017/2568

Ya tepat hari ini tanggal 28 januari 2017 warga tionghua merayakan tahun baru cina atau lebih dikenal dengan imlek 2568. Banyak angpau yang di bagikan pada tahun baru imlek ini oleh warga tionghoa. Lalu apa sih sebenarnya makna dari tahun baru imlek mari kita bahas di bawah ini:

Kata Imlek adalah bunyi dialek Hokkian yang berasal dari kata Yin Li (阴历, baca: IN LI) yang berarti “penanggalan bulan” alias lunar calendar. Penanggalan China berdasarkan peredaran bulan di tata surya sehingga disebut dengan Yin Li. Sementara penanggalan yang kita kenal sekarang, dan dipakai luas seluruh dunia disebut dengan Yang Li (阳历) di dalam bahasa Mandarin, artinya adalah “penanggalan matahari”.

Imlek dikenal juga dengan Nong Li (农历, bacanya: nung li), yang artinya “penanggalan petani”, di mana hal ini bisa dimaklumi, sebagian besar orang jaman dulu adalah bertani. Para petani tsb mengandalkan kemampuan mereka membaca alam, pergerakan bintang, bulan dan benda angkasa yang lain untuk bercocok tanam. Apalagi di China yang 4 musim, perhitungan tepat dan presisi harus handal untuk mendapatkan pangan yang cukup.

Perayaan Chinese New Year sebenarnya adalah perayaan menyambut musim semi yang disebut dengan Chun Jie (春节, baca: juen cie), yang artinya “menyambut musim semi”. Musim semi disambut dengan sukacita karena musim dingin akan segera berlalu dan tibalah saat para petani untuk menanam lagi. Tanaman pangan terutama padi (China selatan) dan kebanyakan gandum (China utara) serta tanaman pertanian lainnya. Karena mengandalkan alam untuk kehidupan mereka, menyambut datangnya musim semi merupakan keharusan yang dirayakan dengan meriah.

Perayaan ini mulai dikenal di jaman Dinasti Xia (夏潮, sering ditulis Hsia juga, 2205 – 1766 SM). Setelah dinasti Xia runtuh, penanggalan Imlek selalu berubah sesuai dengan kemauan dinasti yang berkuasa. Biasa diambil adalah waktu berdirinya dinasti tsb. Baru pada masa Dinasti Han (206 SM – 220 M), penanggalan semua dari Dinasti Xia diresmikan sampai sekarang dan tahun kelahiran Khonghucu ditetapkan sebagai tahun pertama.

Namun saat ini di China sendiri penulisan tahun yang berdasarkan tahun kelahiran Khonghucu sudah tidak umum lagi. Misalnya Imlek tahun ini adalah tahun 2562, sudah tidak lazim lagi, tahun yang ditulis biasanya tahun 2011 saja.

Sementara itu, Taiwan juga memiliki standard penulisan tahun sendiri, yang dimulai dengan titik awal 1911 sebagai tahun nol, jadi tahun 2011 bisa jadi ditulis tahun 2000. Tahun 1911 adalah tahun berdirinya Republic of China setelah dinasti terakhir, yaitu Dinasti Qing runtuh.

Lalu di tahun baru imlek 2568 ini atau bisa di sebut tahun "Ayam atau shio ayam" apa saja sih prediksi yang bisa kita ramalkan di tahun ayam ini simak ya di bawah ini:

Berikut hal-hal keberuntungan Anda yang memiliki shio ayam di tahun ayam api ini.

1. Nomor keberuntungan

Nomor keberuntungan Anda yang memiliki shio ayam di tahun ini adalah 5,7,8. Anda dapat menggunakan nomor-nomor ini pada kehidupan sehari-hari seperti nomor ponsel dan hal lainnya.

2. Warna keberuntungan

Bagi Anda yang memiliki shio ayam pada tahun ini perbanyaklah menggunakan hal-hal berwarna coklat, warna emas, dan kuning. Anda dapat menjadikannya sebagai warna dinding kamar, warna busana paling dominan di lemari, atau haal-hal lainnya yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.

3. Bunga keberuntungan

Jika Anda ingin menata rumah dengan bunga-bunga, Anda dapat menggunakan bunga keberuntungan seperti Gladiola dan Jengger ayam.

4. Arah keberuntungan

Sementara untuk arah keberuntungan, Anda yang memiliki shio ayam dapat menggunakan arah selatan dan tenggara. Arah ini dapat digunakan untuk menata interior rumah, arah pintu atau jendela untuk keberuntungan lebih baik. Meskipun demikian, tentu keberuntungan juga akan terjadi dengan usaha dan kerja keras.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menyambut Tahun Baru Cina 2017/2568"

Post a Comment